Ngelitik Aneh Pada Toyota Kijang Innova

Posted by

Toyota Kijang Innova berbahan bakar bensin timbul gejala knocking atau ngelitik yang aneh. Dikatakan aneh karena gejala itu hanya timbul di kecepatan 80 km/jam. Sudah dicoba gunakan carbon clean hingga injektor cleaner, bahkan sampai terakhir melakukan polish ruang bakar belum juga berhasil menghilangkan knocking tersebut.
Setelah dilakukan pengecekan menyeluruh, akhirnya didapatkan bahwa masalah pada mobil MPV tersebut ada pada kinerja PCV (positive crankcase valve) yang berada di bagian belakang mesin, berdekatan dengan firewall.
Apa itu PCV?
PCV merupakan one way valve alias katup searah yang terdiri dari bola baja dengan per kecil di bagian bawahnya. PCV tersambung antara bagian kepala silinder dengan blok mesin. "Tujuannya untuk mengalirkan tekanan udara panas berlebih dari kepala silinder ke blok pada putaran mesin tinggi,"
Begitu kinerja PCV terganggu alias enggak bener, otomatis udara panas dari kepala silinder tidak mampu dialirkan. Efeknya tentu menambah tinggi temperatur mesin. Nah ini dia sumber penyakit kenapa jadi knocking. Karena kerjanya di putaran mesin tinggi juga, gejala knocking baru terasa di kecepatan 80 km/jam.

Begitu ketemu masalahnya, baru deh mulai mengerjakan proyek pembersihan PCV. 
Pertama lepas dahulu pipa intake dengan melepas klem-an menggunakan kunci sok 10 mm atau bisa juga menggunakan obeng plus. Setelah itu akan terlihat slang PCV pada bagian mesin sebelah kiri atas. Lepas klem pengunci slang cukup dengan tangan saja (Gb.1). Kemudian lepas PCV dengan kunci ring ukuran 22 mm (Gb.2).

Selanjutnya, PCV disemprot menggunakan carburetor cleaner. Semprot melalui lubang di bagian atas PCV (Gb.3). Ketika memasukkan slang carburetor cleaner, akan terasa bola baja yang terganjal per. 


Jangan ragu tekan juga bola ketika menyemprot carburetor cleaner. Tujuannya untuk menyingkirkan segala kotoran yang menyumbat per dan bola tersebut.

Pekerjaan selesai, tinggal merakit ulang seperti kebalikannya. Tidak usah khawatir bagi yang PCV-nya bermasalah. Kalau ingin mengganti dengan barang baru. Untuk kepunyaan orisinil Kijang Innova, harga di pasaran berkisar Rp 100 ribu per buah.

Sembari merakit ulang, sekalian aja cek beberapa potensi kebocoran udara palsu. Kan kondisi kepala silinder terlihat jelas. 
Cek kekencangan pemasangan busi. Kalau kurang kencang bisa mengakibatkan udara palsu masuk ke ruang bakar (Gb.4).
Jangan sampai ketinggalan juga untuk mengencangkan semua baut dan klem slang intake (Gbr.5) agar tidak ada kebocoran udara yang berpotensi masuk ke ruang bakar.

Selesai bersih-bersih, kini Toyata Kijang Inova anda tanpa ada masalah suara menggelitik dari mesin lagi.




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 06.38.00

1 komentar:

Cari Mebel Murah Lengkap

Cerita Ngeblog
Create by AMARA FURNITURE. Diberdayakan oleh Blogger.